Sabtu, 29 Oktober 2011

5 Tips Sederhana Untuk Menjaga Daya Ingatmu

Sebuah studi mengatakan bahwa di usia 20 tahun saja seseorang sudah bisa kehilangan daya ingat. Maksudnya adalah kadang-kadang seseorang lupa apa yang akan dikerjakan atau sulit untuk mengingat suatu peristiwa.

Padahal otak kita dapat merekam berbagai macam informasi dalam jumlah yang tak terbatas. Sayang sekali kalau di usia muda kita sudah sering lupa. Tapi tenang saja, ikuti saja tips berikut ini untuk membantu menjaga daya ingat kalian tetap segar. 

1. Jangan lewatkan sarapan

Terutama sarapan yang mengandung banyak karbohidrat. Kenapa? Karena sel-sel otak membutuhkan karbohidrat di pagi hari. Karbohidrat akan diproses oleh tubuh menjadi glukosa, glukosa ini kemudian diubah menjadi energi. Energi inilah yang dibutuhkan oleh otak kita untuk beraktifitas. Kalau kurang karbohidrat maka tubuh kita akan kekurangan energi dan kita pun sulit untuk berkonsentrasi menangkap informasi yang disampaikan pada kita.

2. Olaharaga terlebih dahulu

Gerakkan badanmu agar aliran darah dalam tubuhmu lancar. Di dalam darah terkandung oksigen, jadi kalau berolahraga sebelum beraktivitas oksigen dalam darah akan dibawa ke otak untuk menunjang daya ingat. Tidak usah yang susah-susah, jogging di pagi hari atau jalan santai saja sudah cukup.

3. 
Googling saat istirahat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh 
University of California di Loas Angeles mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu 1 jam sehari untuk mencari sesuatu yang menarik di internet dapat mengurangi resiko kehilangan memori jangka pendek. Jadi cobalah untuk iseng-iseng mencari tempat liburan, lokasi terfavorit dunia dan sebagainya, asal jangan yang buka yang macam-macam ya.

4. Menggerakkan mata

Apa hubungannya? Coba gerakkan mata kalian ke kiri dan tahan selama 30 detik, kemudian gerakkan ke kanan dan tahan 30 detik. Lakukan terus dengan sudut yang berbeda setiap hari karena gerakan sederhana ini dapat meningkatkan daya ingat hingga 10%.

5. Gosok gigi sebelum tidur

Bakteri-bakteri yang ada di mulut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mulut seperti sariawan dan sebagainya. Kalau diabaikan bakteri ini bisa membengkak dan masuk ke dalam saraf yang ada di gigi. Saraf di gigi terkoneksi langsung ke otak, jadi kalau sampai bermasalah akan beresiko pada daya ingatmu.

Tidak ada komentar: